Ciri – ciri ayam organik, berserta kelebihannya dibanding ayam biasa

January 1, 2022

Berbicara mengenai ayam,yang  merupakan sumber  protein hewani bagi masyarakat Indonesia. Ayam broiler sudah banyak terkontaminasi oleh bahan kimia antibiotik. Hal ini tentu menjadi perhatian untuk kita beralih memilih ayam yang lebih sehat.

Ayam Organik merupakan pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita terutama protein. Karen ayam organik merupakan ayam yang di pelihara secara organik, dari mulai DOC (Day Old Chick) hingga masa panen. Dalama pemeliharaannya ayam organik tidak diberi bahan kimia seperti vaksin, antibiotik, pestisida, serta suntik hormon sintetis.Oleh karena itu ayam organik sangat aman untuk dikonsumsi bahkan baik dikonsumsi oleh penyitas autoimun. Baca juga: Ayam organik baik untuk penyitas autoimun?

Berkah Chicken merupakan produsen ayam organik yang bebas residu antibiotik, pestisida, dan suntik hormon sintetis, selain itu ayam Berkah chicken telah terverifikasi Halal dan Organik, sesuai dengan jargon Berkah Chicken “Pasti Halalnya Jelas Thayyibnya”  sehingga ayam organik tak usah diragukan lagi untuk kualitas produk, dan kehalalannya.

Diantara daging yang lain ayam organik merupakan sumber protein tertinggi, terutama pada dada ayam. Dalam 100 gr dada ayam memiliki kandungan 45 gr protein, itu alasannya jika dada ayam sering digunakan sebagai bahan olahan utnuk diet sehat. Baca Juga: 7 resep dada ayam untuk diet sehat.

Ayam organik jelas memiliki perbedaan dengan ayam biasa. Terutama dari kualitas ayam seperti warna, tekstur, dan baunya. Berikut beberapa ciri-ciri ayam organik yang perlu anda ketahui:

  1. Aroma Ayam Organik

Ayam organik memiliki aroma yang khas, yakni tidak mau amis dan aroma terasa segar.

  • Tekstur

Ayam organik memiliki tekstur yang lebih empuk, dan padat dibanding ayam biasa. Sehingga ayam organik lebih mengenyangkan untuk dikonsumsi.

  • Kaldu

Kaldu ayam organik lebih jernih atau berwarna putih dari ayam biasa, sehingga kaldu dapat dijadikan sebagai kaldu untuk sayur sop atau sayur lainnya.

  • Susut

Ayam organik jika dimasak akan susut lebih sedikit dari ayam biasa sehingga setelah dimasak akan menghasilkan ayam yang lebih banyak dan lebih kenyang.

  • Warna

Warna daging ayam organik yakni kemerah-merahan atau merah muda, sedangkan ayam biasa berwarna putih pucat. Sehingga ayam organik lebih terlihat segar dari ayam biasa.

Dari beberapa ciri-ciri diatas sudah dapat kita simpulkan bahwa ayam organik memang lebih baik dan lebih sehat dari ayam biasa. Namun jika ingin mengkonsumsi ayam organik yang sehat tentu harus diperhatikan juga cara mengolah ayam tersebut. Agar nutrisi ayam tetap terjaga tidak perkenankan untuk tidak mengolah ayam dengan cara digoreng, karena hal ini akan meningkatkan lemak jenuh pada ayam dan nutrisi pada ayam semakin berkurang. Direkomendasikan untuk mengolah ayam organik dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus. Hal ini tentu akan menjaga nutrisi pada ayam organik karena tidak melewati proses penggorengan.

Melihat perbedaan ayam organik dengan ayam biasa tentu, ayam organik memiliki keunggulan atau kelebihan dari pada ayam biasa. Adapun ebberapa kelebihan ayam organik untuk tubuh kita.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Ayam dan kacang-kacangan tentu dapat menurunkan tekanan darah, apalagi ayam organik yang dipelihara secara organik, dapat lebih menurunkan tekanan darah dibanding mengkonsumsi ayam biasa

  • Kaya Akan Protein

Ayam Organik memiliki kandungan protein yang tinggi, terutama pada dada ayam organik dalam 100 gr dada ayam terdapat 45 gr kandungan protein, hal ini tentu sangat baik untuk tubuh kita terutama untuk membantu pertumbuhan pada anak.

  • Menurunkan Kolesterol

Ayam Organik dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dengan catatan mengolah ayam organik dengan benar, seperti direbus, atau dikukus, untuk menghindari lemak jenuh yang berlebih dengan cara digoreng, karena seperti yang kita tau lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh kita.

  • Menjadi Sumber Viamin dan Mineral

Selain menjadi sumber protein yang tinggi, ayam organik juga dapat menjadi sumber vitamin dan mineral untuk tubuh kita. Ayam Organik memiliki kandungan Vitamin B yang berperan penting untuk membentuk sel darah merah. Selain itu daging ayam memiliki Vitamin D, yang sangat baik untuk membantu penyerapan kalsium untuk pertumbuhan tulang. Serta mengandung Vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan berperan penting terhadap sistem imun tubuh kita.

  • Memperbaiki Mood

Bagi anda yang sedang mengalami mood yang kurang baik, sangat disarankan untuk mengkonsumsi ayam organik untuk memperbaiki mood anda, karena kandungan triptofan yakni salah satu asam amino dalam ayam organik dapat membantu kadar seretonin yang merupakan hormon diotak yang bisa meningkatkan kadar kebahagiaan seseorang.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berkah Chicken merupakan produsen ayam organik yang seluruh proses produksi menggunakan bahan - bahan alami yang selaras dengan kelestarian ekosistem.
Copyright © 2009 - 2021 Berkah Chicken
Bagikan Yuk!

Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, silahkan share supaya teman – teman sobat juga sama sama tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email