Menjaga Imunitas dengan ayam organik memang bisa?

January 4, 2022


Menyikapi pandemi yang belum usai bahkan kini muncul virus tipe Omicron tentu kita harus menjaga asupan tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Ada beberapa gejala ringan yang dialami oleh pasien [Omicron] yakni merasa sangat capek selama satu atau dua hari, sakit kepala, badan terasa sakit, hingga tenggorokan serak.

Info lebih lanjut mengenai Virus Omicron dapat anda dapatkan disini:

 Hal ini tentu berbeda dengan virus sebelumnya yang dapat mematikan, namun tidak ada salahnya untuk tetap menjaga diri, karena jika badan sudah sakit maka semua aktivitas akan terganggu, seperti bekerja, mengurus anak, dll.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya:

  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang
  2. Perbanyak konsumsi Vitamin C
  3. Istirahat yang cukup
  4. Kelola Stres
  5. Rajin Berolah Raga
  6. Menghindari rokok
  7. Rajin mencuci tangan
  8. Jaga kebersihan diri
  9. Berjemur
  10. Jaga kebersihan lingkungan

Sumber : 10 Cara ampuh meningkatkan daya tahan tubuh

Dari 10 point diatas point pertama adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.
Mengkonsumsi makanan bergizi tentu banyak ragamnya, salahsatunya dengan mengkonsumsi ayam organik. Ayam organik merupakan ayam yang dipelihara secara organik dari mulai DOC (Day Old Chick) hingga masa panen, ayam organik dipelihara tanpa menggunakan bahan kimia seperti antibiotik, pestisida, serta suntik hormon sintetis. Kini ayam broiler biasa dalam pemeliharaannya menggunakan antibiotik, tentunya hal ini sangat membahayakan bagi kita, terlebih dalam jangka panjang.

Berkah Chicken merupakan produesen ayam organik yang bebas residu antibiotik, pestisida, dan suntik hormon sintetis. Selain itu ayam berkah chicken sudah terverifikasi Halal dan organik, jadi semakin yakin ya bunda. Yuk cek produk kami disini!

Baca Juga: Bahaya resistensi antibiotik pada ayam broiler

Dengan mengkonsumsi ayam organik kita akan mendapatkan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kita tanpa takut terkena bahaya residu antibiotik. Dengan mengkonsumsi ada beberapa manfaat yang kita dapatkan setelah mengkonsumsi ayam organik.

Baca Juga: Manfaat mengkonsumsi ayam organik

Kandungan gizi yang terdapat pada daging ayam organik adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Selain kandungan nutrisi tersebut, dalam 100 gram daging ayam organic terdapat kandungan:

  • Air: 55.9 ml
  • Energi: 298 kalori
  • Protein: 18.2 gr
  • Lemak: 25 gr
  • Kalsium: 14 mg
  • Fosfor: 200 mg
  • Zat besi: 1.5 mg
  • Natrium: 109 mg
  • Kalium: 385.9 mg
  • Zinc: 0.6 mg
  • Niasin: 10.4 mg

Daging ayam mengandung kalori yang berbeda-beda, tergantung bagiannya, pada bagian paha ayam organik misalnya, memiliki kalori yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian dada ayam organik. Mengonsumsi daging ayam organik bersama dengan kulitnya pun akan menambah asupan lemak ke tubuh, dibandingkan dengan mengonsumsinya dagingnya saja.

Dari beberapa nutrisi diatas tentu kita akan mendapatkan asupan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh sehari-hari. Nutrisi pada ayam organik akan tetap terjaga jika cara pengolahannya benar. Cara pengolahan yang benar seperti dikukus, direbus, atau dipanggang. Ketiga cara ini lebih baik dan lebih sehat karena tidak melewati proses penggorengan yang dapat meningkatkan lemak jenuh pada ayam organik.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berkah Chicken merupakan produsen ayam organik yang seluruh proses produksi menggunakan bahan - bahan alami yang selaras dengan kelestarian ekosistem.
Copyright © 2009 - 2021 Berkah Chicken
Bagikan Yuk!

Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, silahkan share supaya teman – teman sobat juga sama sama tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email