Bahaya antibiotik pada ayam broiler

December 21, 2021

Mengkonsumsi ayam broiler memang sudah menjadi kebiasaan  masyarakat Indonesia. Daging putih ini selain memiliki rasa yang enak, juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan, terutama untuk si kecil.

Namun apa jadinya jika ayam yang sering kita konsumsi mengandung residu antibiotik, yang dapat menimbulkan dampak negatif pada tubuh kita, apalagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Residu antibiotik merupakan zat antibiotika termasuk metabolitnya yang terkandung dalam daging, baik sebagai akibat langsung maupun tidak langsung.

Penggunaan antibiotik secara tdak tepat dan tidak wajar, baik dari pemilihan jenis antibiotika, dosis dan lama pemakaiannya untuk pengobatan ternak, atau sebagai growth Promotor dan imbuhan dalam pakan ternak, akan menimbulkan residu dalam produk peternakan.

 Pengertian dari residu adalah bahan induk atau metabolit yang terakumulasi atau tersimpan dalam sel atau jaringan.

Adapun dampak negatif  dari bahaya residu antibiotik hewan yakni sebagai berikut:

  1. Bahaya Toksikologi:
  2. Mutagenik dapat menyebabkan terjadinya perubahan genetik
  3. Teratogenik dapat menyebabkan terjadinya cacat lahir / cacat bawaan
  4. Karsinogenik dapat menyebabkan timbulnya sel-sel kanker / pemicu tumbuhnya kanker.
  5. Bahaya mikrobiologis yakni dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan flora normal usus.
  6. Bahaya Imunopatologi : Semakin lama waktu bakteri terpapar dengan antibiotik maka akan semakin tinggi kesempatan terjadinya mutasi, sehingga menimbulkan strain yang kurang sensitif terhadap antibiotik tersebut. akibatnya, pengobatan menjadi lebih kompleks, proses penyembuhan lebih lama, dan penyakit menjadi semakin parah, bahkan pada beberapa kasus menimbulkan kematian. Buletin Veteriner, BBVet Denpasar, Vol. XXVI, No. 85, Desember 2014 ISSN : 0854-901X .

Sedangkan secara tidak langsung, antibiotik pada manusia dapat memiliki efek samping yang cukup serius, seperti penekanan aktivitas sumsum tulang yang berakibat pada gangguan pembentukan sel-sel darah merah, oleh sebab itu, bahaya residu antibiotik pada pangan asal hewan ini perlu mendapat perhatian serius dan penting untuk menjamin keamanan pangan bebas antibiotik.

Untuk itu Berkah Chicken Organik hadir untuk anda sebagai produsen Ayam organik yang bebas residu antibiotik, pestisida, dan hormon sintetis, serta Halalan Thayyiban sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berkah Chicken merupakan produsen ayam organik yang seluruh proses produksi menggunakan bahan - bahan alami yang selaras dengan kelestarian ekosistem.
Copyright © 2009 - 2021 Berkah Chicken
Bagikan Yuk!

Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, silahkan share supaya teman – teman sobat juga sama sama tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email