Apakah Sehat Jika Mengkonsumsi Ayam Setiap Hari?

July 29, 2021

Mengingat manfaat ayam yang  kita perlukan untuk kesehatan tubuh kita,  ayam memiliki kandungan nutrisi sebagaimana dilansir dari Food Safety and Inspection Service, US Department of Agriculture meliputi: Lemak, Kalori, Karbohidrat, Protein, Zat besi Sodium, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C.

Berdasarkan komponen nutrisi ayam diatas, apakah sehat jika mengkonsumsi ayam setiap hari?
Mengkonsumsi ayam tiap hari merupakan hal yang sering dilakukan oleh orang pada umumnya, dimana mereka mengolahnya dengan olahan yang berbeda – beda. Namun hal tersebut tidak dapat menyehatkan tubuh jika jenis ayam, dan cara pengolahannya yang tidak tepat.

Lalu bagaimana cara  kita agar dapat mengkonsumsi ayam setiap hari namun tetap menyehatkan ? Yakni dengan cara memilih  jenis ayam, cara mengolah ayam dengan tepat, dan bagian mana saja yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Ayam menjadi sumber nutrisi yang baik jika kita memperhatikan 3 faktor tersebut. Diantaranya adalah:

  1. Jenis Ayam
    Jenis ayam yang kita pilih haruslah ayam yang sehat. Ayam sehat sering disebut dengan ayam organik dimana dalam pemeliharaannya  tidak diberikan antibiotik dan hormon sintetis yang dapat membahayakan manusia. Ayam sehat biasanya diberikan treatment herbal dan probiotik. Ayam sehat kadar proteinnya lebih tinggi dan kadar kolesterol lebih rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.
  2. Cara Mengolah Ayam
    Selain jenis ayam, cara mengolah ayam pun menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Ayam yang diolah dengan cara digoreng dan dikonsumsi setiap hari tentu tidak baik untuk tubuh. Karena tingkat lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi, ada baik nya mengolah ayam dengan cara dipanggang, dikukus, ataupun direbus. Sehingga tingkat lemak jenuh dan kolesterol menjadi lebih rendah.
  3. Bagian Ayam
    Bagian ayam juga menjadi penentu sehat atau tidaknya makan ayam setiap hari. Dada ayam merupakan bagian yang kaya protein dan dapat dikonsumsi setiap hari asalkan tanpa kulit dan tulang (Fillet dada).

Baca juga : Dada ayam tanpa kulit, pilihan tepat untuk diet sehat.

Dengan kita memperhatikan 3 faktor ini, kita dapat mengkonsumsi ayam setiap hari dan tetap menyehatkan. Namun perlu diingat bahwa mengkonsumsi makanan yang sehat juga tidak hanya dengan ayam namun perlu diimbangi dengan sayur – sayuran, dan buah- buahan sehingga nutrisi yang kita peroleh seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Sumber:
doktersehat.com
hellosehat.com

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berkah Chicken merupakan produsen ayam organik yang seluruh proses produksi menggunakan bahan - bahan alami yang selaras dengan kelestarian ekosistem.
Copyright © 2009 - 2021 Berkah Chicken
Bagikan Yuk!

Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, silahkan share supaya teman – teman sobat juga sama sama tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email