Manfaat Ceker Ayam Bagi Kesehatan Kita

02 Apr
Apakah anda termasuk penggemar ceker Ayam? atau anda sangat tidak menyukai nya  ? tahukah anda ternyata ceker ayam itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita loh..

Sebelum kita membahas manfaat ceker ayam, kita akan membahas tentang ceker ayam dari ayam organik, ya kata “ayam”  memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, pasti semua orang tau tentang hewan yang satu ini termasuk anda,  tetapi beda lagi dengan ayam organik, hanya sebagian orang saja yang mengenalnya, ya Ayam Organik adalah ayam yang diproduksi secara organik, dari mulai ayam berumur satu hari atau sering kita sebut dengan DOC (Day Old Chick) pun menggunakan pakan yang terbuat dari bahan organik, seperti kunyit, jahe, temu lawak, temu ireng, brotowali, molases, EM4, dan yang lainnya.

Tidak hanya itu ayam organik juga diberi bakteri baik seperti bakteri Lactobacillius yang dapat memperbaiki kinerja pencernaan ayam, sehinnga membuat ayam organik ini rendah akan lemak, lendir, dan minyak alami sehingga tingkat kolesterol menjadi lebih rendah dan tentunya aman untuk dikonsumsi. Dengan bakteri baik dan jamu tadi ayam akan menjadi sehat, warna kulit nya pun merah segar, dan bentuk ayamnya lebih bagus dibandingkan dengan ayam biasa, serta sebelum diberi bumbu apapun akan membawa rasa gurih pada saat dimasak, kuahnya pun nyaris tidak ada buih saat dimasak, sehingga baik digunakan untuk kaldu ayam.

Tingkat kolesterol yang rendah membuat ayam semakin banyak protein dan tentunya sangat baik digunakan untuk kita terutama untuk anak-anak kita dirumah ya. Nah sudah jelaskan bagaimana ayam organik itu? betapa banyak manfaat ayam organik untuk kita konsumsi, oleh karena itu jangan bosan – bosan untuk terus mengkonsumsi ayam organik dan makanan sehat lainnya, karena kita juga harus bisa menjaga kesehatan diri sendiri agar terhindar dari penyakit .

Setelah kita membahas apa itu ayam organik, sekarang kita akan membahas tentang manfaat ceker ayam organik, ya dari ayam organik terdapat ceker ayam organik, wah menarik juga ya. Apa manfaat ceker ayam organik itu?mungkin kebanyakan orang menganggap  jijik terhadap ceker ayam, karena dengan melihat bentuknya saja akan menggambarkan lingkungan yang kotor, dan mungkin kaki ayam tersebut mengandung banyak kuman dan bakteri. Tetapi dibeberapa daerah di Indonesia ceker ayam banyak dijadikan berbagai jenis sajian makanan.

Misalnya di daerah Solo atau Jogja maka ceker ayam dibuat dengan variasi gudek ceker ayam, mia ayam ceker, keripik ceker ayam, sup ceker ayam dan berbagai jenis sajian lain. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di beberapa negara seperti Filiphina, Korea, China, Vietnam, Afrika dan Amerika juga memakai ceker ayam dan diolah menjadi makanan yang lezat.

Ceker ayam memiliki sedikit daging di semua ruas-ruas kakinya, serta memiliki tulang lunak yang rasanya gurih dan lezat. Namun tahukah anda bahwa ceker ayam mengandung banyak manfaat untuk kesehatan kita, berikut beberapa manfaat ceker ayam organik.

1. Menjaga Kesehatan Kuku

Sumber : www.doktercantik.com

Ceker ayam jika telah dimasak akan mengeluarkan beberapa nutrisi untuk tubuh kita, nutrisi tersebut seperti asam amino, kolagen , glisin, hidroksipolin, dan prolin yang bisa membantu menjaga kesehatan kuku. Ceker ayam yang telah dimasak atau direbus akan mengeluarkan gel yang banyak mengandung gelatin. Nutrisi ini membantu dalam mengolah kalsium dan diserap oleh kuku.

2. Memelihara Sendi dan Mengurangi Resiko Tulang Rapuh

Sumber : biologyjungteck.blogspot.com

Dengan mengkonsumsi ceker ayam sejak muda akan memberikan manfaat nanti di masa tua, karena sebagian orang yang telah lanjut usia biasanya terjadi pengeroposan tulang, serta pengapuran sendi, yang menyebabkan tubuh tidak bisa mendapat kalsium dan tulang tidak bisa menyerap kalsium dengan baik. Berbeda dengan mengkonsumsi ceker ayam sejak muda dapat memelihara sendi dan mengurangi resiko tulang rapuh, karena ceker ayam mengandung kolagen, kalsium, dan tulang rawan yang  mudah diserap oleh tubuh kita.

3. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Sumber : Kalimat ID

Setelah ceker ayam dimasak akan menghasilkan kaldu ayam yang banyak mengandung kandungan Protein, Kalsium, dan Kolagen, khasiat dari berbagai nutrisi ini juga sangat baik untuk membuat pencernaan menjadi sehat karena efek dari nutrisi ini akan membuat usus menjadi lembut sehingga membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sumber : Teruskan . com

Ceker ayam selain memiliki nutrisi seperti Kalsium, Protein, Kolagen, ternyata masih banyak nutrisi yang terdapat pada ceker ayam diantaranya adalah tembaga, magnesium, kalsium, serta fosfor, nutrisi ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, semua kandungan ini dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun kesehatan dan mengatasi berbagai jenis penyakit.

5. Mencegah Kerusakan Jaringan Tubuh

Sumber : Puramoz Shared

Memiliki jaringan tubuh yang kuat memang penting bagi kesehatan tubuh kita. Ceker Ayam yang sudah dimasak akan mengeluarkan asam amino kelompok glisin. Glisin akan memiliki fungsi penting untuk memperkuat jaringan ikat tubuh, menjaga kesehatan organ tubuh, membantu tubuh dalam mengeluarkan racun-racun tubuh dan juga meningkatkan kualitas syaraf sehingga bisa meningkatkan rasa nyaman saat tidur.

Nah itulah beberapa manfaat dari ceker ayam, oleh karena itu untuk anda yang tidak menyukai ceker ayam cobalah untuk menyukainya karena memang sudah terbukti begitu banyak manfaat yang kita peroleh dari ceker ayam  ini.Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang manfaat ceker ayam, semoga bermanfaat.

Lihat Produk dari Kami

Leave your thought