Tips Diet Sehat Dengan Ayam Organik

January 3, 2022

Berbicara tentang ayam merupakan hal yang sering terdengar ditelinga kita. Ayam merupakan sumber protein hewani bagi masyarakat Indonesia. Namun apa jadinya jika ayam yang kita konsumsi mengandung antibiotik serta suntik hormon? Tentunya akan berdampak buruk terhadap kesehatan kita.

Dilansir dari Kompas.com pada tanggal 16 Juli 2021 mengenai “Penyalahgunaan Antibiotik di Peternakan Ayam Broiler” . Disana dijelaskan bahwa Antibiotik yang digunakan dalam jumlah besar dan tidak tepat. Kondisi ini memicu munculnya bakteri kebal obat pada daging ayam. Keselamatan manusia pun ikut terancam.

Peternak plasma dengan sokongan perusahaan peternakan besar sebagai inti, terbiasa menggunakan antibiotik dalam jumlah besar dan tidak tepat. Peternak menggunakan antibiotik saat ayam dalam kondisi sehat. Antibiotik digunakan bukan untuk keperluan terapi atau pengobatan penyakit.

Hasil riset CIVAS sepanjang November 2020 hingga Mei 2021 mengonfirmasi terjadi resistensi antibiotik pada rantai pangan ayam broiler. CIVAS meneliti 120 sampel yang terdiri dari 30 sampel sekum ayam dari RPH-U, 30 sampel karkas(daging) dan RPH-U, dan 60 karkas beku dari gerai penjualan milik perusahaan peternakan besar.

Solusinya kita harus berpindah untuk memilih ayam yang lebih sehat seperti ayam organik, Ayam Organik merupakan ayam yang dipelihara secara organik tanpa menggunakan vaksin, antibiotik, serta suntik hormon lainnya. Ayam organik di beri asupan obat-obatan herbal seperti Kunyit, Jahe, Temu lawak, Bawang Putih, Bawang Merah,  dll. Obat herbal ini bermanfaat untuk menambah nafsu makan pada ayam, dan menjaga imun tubuh ayam. Sehingga menghasilkan kualitas ayam yang lebih baik, dari pada ayam biasa.

Bagi anda yang sedang menjalankan diet sehat dapat memilih ayam organik sebagai pilihan makanan anda, karena ayam organik ini rendah kalori dan pastinya rendah kolesterol. Sehingga anda dapat menggunakannya untuk diet sehat.

Selain itu ayam organik juga kaya akan protein terutama pada bagian dada ayam. Dalam 100 gr dada ayam terdapat 45 gr protein, hal ini tentu merupakan nilai yang cukup tinggi, protein dapat membantu diet anda karena protein membuat perut terasa kenyang walaupun makan dengan porsi yang sedikit.

Baca Juga: Dada ayam tanpa kulit pilihan tepat untuk diet sehat

Diet sehat dengan ayam organik dapat dilakukan dengan cara di panggang, atau direbus sesuai selera, asalkan jangan digoreng, karena jika ayam digoreng akan menambah lemak jenuh dari minyak goreng.

Anda dapat menggunakan ayam organik setiap hari untuk menu diet sehat anda, Namun apakah sehat jika makan ayam setiap hari? Mengkonsumsi ayam organik setiap hari itu baik tergantung pemakaiannya.

Baca Juga: Apakah sehat mengkonsumsi ayam setiap hari?

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shapeHeroBackground
Berkah Chicken merupakan produsen ayam organik yang seluruh proses produksi menggunakan bahan - bahan alami yang selaras dengan kelestarian ekosistem.

Cabang kami

Copyright © 2009 - 2021 Berkah Chicken
Customer Support kami akan selalu siap untuk menjawab segala pertanyaan yang sobat Berkah tanyakan..
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Support
Online
Bagikan Yuk!

Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, silahkan share supaya teman – teman sobat juga sama sama tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email