Ayam Organik VS Ayam Kampung mana yang lebih sehat?

December 16, 2021

Kini sedang trend mengenai ayam organik dan ayam kampung. Keduanya sedang menjadi buruan masyarakat. Lalu apa perbedaan ayam organik dengan ayam kampung? Manakah yang lebih sehat? Yuk baca selengkapnya dibawah ini.

Mengenal Pengertian Ayam Organik dan Ayam Kampung

Ayam Organik merupakan ayam yang dipelihara secara organik tanpa menggunakan vaksi, antibiotik, dan bahan kimia lainnya.  Ayam organik diberi pakan yang bebas AGP (Antibiotic Grotwh Promoter), serta DOC yang digunakan free GMO(Genetically Modified Organism) dan Hormon sintetis.

Sementara Ayam Kampung  yang  biasa dipelihara di lingkungan alam bebas, kehidupannya tanpa dikandangkan . Ayam kampung  berpotensi sebagai penghasil daging dan telur, ayam kampung memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat. Oleh karena itu ayam kampung  banyak di budidayakan masyarakat Indonesia.

Manfaat Ayam Organik dan ayam Kampung.

Tahuka anda bahwa kedua ayam ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita loh, lalu apa saja sih manfaat dari ayam organik dan ayam kampung . Yuk simak penjelasannya dibawah ini:

Manfaat Ayam Organik

  • Mengontrol Tekanan Darah

Ayam dan kacang-kacangan tentu dapat menurunkan tekanan darah, apalagi ayam organik yang dipelihara secara organik, dapat lebih menurunkan tekanan darah dibanding mengkonsumsi ayam biasa

  • Kaya Akan Protein

Ayam Organik memiliki kandungan protein yang tinggi, terutama pada dada ayam organik dalam 100 gr dada ayam terdapat 45 gr kandungan protein, hal ini tentu sangat baik untuk tubuh kita terutama untuk membantu pertumbuhan pada anak.

  • Menurunkan Kolesterol

Ayam Organik dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dengan catatan mengolah ayam organik dengan benar, seperti direbus, atau dikukus, untuk menghindari lemak jenuh yang berlebih dengan cara digoreng, karena seperti yang kita tau lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh kita.

Manfaat Ayam Kampung

  • Memiliki kandungan toksin yang sedikit

Ayam kampung dipelihara secara alami dan tumbuh dengan tanpa campur tangan bahan kimia seperti antibiotik, hormon, dan pestisida. Salah satu pengaruh antibiotik mengenai manusia adalah resistensi kuman pada tubuh, serta menyebabkan meningkatnya resiko kanker, dan pubertas pada anak lebih cepat.

  • Mengurangi rasa stress

Bagi anda yang sedang mengalami stress secara berlebih, direkomendasikan untuk mengkonsums ayam kampung sebab ia mempunyai kandungan Vitamin B5, yang dapat membuat otak menjadi lebih tenang serta memberi efek relaksasi.

  • Baik untuk penderita anemia

Kandungan zat besi ayng cukup tinggi terdapat pada ayam kampung, salah satu mineral inilah yang akan meningkatkan produksi sel darah merah atau sering disebut dengan eritrosit.

Beberapa perbedaan diatas menjelaskan bahwa kedua ayam ini memang memiliki kandungan nutrisi dan manfaatnya masing-masing, Ayam Organik dan Ayam Kampung merupakan ayam sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi. Dan ingat, harus diimbangi dengan sayur dan buah-buahan agar asupan nutrisi dalam tubuh kita seimbang.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shapeHeroBackground
Berkah Chicken merupakan produsen ayam organik yang seluruh proses produksi menggunakan bahan - bahan alami yang selaras dengan kelestarian ekosistem.

Cabang kami

Copyright © 2009 - 2021 Berkah Chicken
Bagikan Yuk!

Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, silahkan share supaya teman – teman sobat juga sama sama tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email