Tips mencairkan daging ayam beku dengan aman

August 24, 2021

Mencairkan daging beku tidak sembarangan untuk mencegah penyebaran kuman pada ayam. Jika dilakukan sesua dengan ketentuan maka ayam akan tetap segar dan sehat untuk dikonsumsi. Sebelum memegang ayam beku disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu agar terhindar dari penyebaran kuman pada ayam. Dalam mencairkan daging ayam beku ada beberapa cara, diantaranya:

  1. Hangatkan menggunakan Microwave
    Cara pertama untuk mencairkan daging ayam beku yakni menggunakan microwave, cara ini merupakan cara tercepat karena hanya memerlukan waktu beberapa menit saja. Suhu yang digunakan untuk mencaikan daging ayam beku sekitar 40 – 60˚ C.
  2. Membiarkan Daging ayam beku cair dengan sendirinya
    Cara kedua yakni  dengan memindahkan ayam dari freezer kedalam lemari es. Cara ini dianggap cara paling aman tetapi cara ini merupakan cara terlama karena  membutuhkan waktu semalaman untuk mencairkannya terlebih lagi jika ayam utuh mebutuhkan waktu lebih lama dari itu.
  3. Rendam ayam dengan baskom air dingin
    Cara ketiga yakni dengan merendam ayam menggunakan air dingin, caranya dengan membungkus ayam dengan plastik kedap air. Kemudian masukan kedalam baskom yang berisi air dengan suhu normal. Baiknya air yang digunakan diganti setiap 30 menit sekali. Agar ayam lebih cepat untuk benar-benar mencair. Cara ini lebih cepat dari cara sebelumnya karena hanya membutuhkan waktu 2-3 jam saja.
    Hindari mencairkan ayam ditempat terbuka dan hindari mencuci ayam sebelum dimasak. Hal ini akan membuat ayam terkontaminasi bakteri.
Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berkah Chicken merupakan produsen ayam organik yang seluruh proses produksi menggunakan bahan - bahan alami yang selaras dengan kelestarian ekosistem.
Copyright © 2009 - 2021 Berkah Chicken
Customer Support kami akan selalu siap untuk menjawab segala pertanyaan yang sobat Berkah tanyakan..
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Support
Online
Bagikan Yuk!

Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, silahkan share supaya teman – teman sobat juga sama sama tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email