Peternak Berkah Green Farming Majalengka

01 Jul
Bapa Enjen Zaenal Mutaqin atau lebih dikenal dengan sebutan Pa Enjen ini memulai beternak ayam broiler sejak tahun 2014, namun mulai bergabung dengan Berkah  Green Farming sejak tahun 2017. Tantangan berbisnis ayam broiler yang berat membuat pa enjen memutuskan untuk bergabung dengan Berkah Green Farming yang menerapakan kerjasama dalam bentuk Ijarah (Sewa menyewa).

Pa enjen merasa bersyukur karena bisa bergabung dengan Berkah Green Farming, menurut beliau pelayanan perusahaan sangat baik, beliau mendapat ilmu baru dalam beternak, dan yang paling beliau syukuri adalah berkah sangat mendorong peternaknnya untuk mengupgrade  kandangnya dari open house menjadi close house tepat guna.

Upgrade atau renovasi kandang ini dinilai tidak terlalu memberatkan peternak, karena untuk pembiayaan renovasi beliau dibantu dengan pinjaman, pencairan tabungan dari kantor dan sisanya bisa penuhi sesuai dengan kemampuan. Setelah kandang di Up grade produksi menunjukkan peningkatan hasil yang sangat signifikan, dari rataan IP 272 sebelum up grade menjadi 418 setelah kandang di up grade, atau mengalami kenaikan 100-150 digit. Selain itu populasi yang awalnya 2000 ekor dapat dimaksimalkan menjadi 3500 ekor setelah kandang dirubah menjadi Close House.

Berkah Green Farming memiliki Koperasi Syariah Berkah yang memiliki berperan untuk  memenuhi kebutuhan kebutuhan peternak. Saat ini pa enjen sudah bergabung dengan koperasi berkah syariah, salah satu manfaat yang dirasakan pa enjen adalah beliau merasa terbantu karena dengan bergabung dengan koperasi berkah beliau dapat melakukan transaksi Murabahah untuk pembelian laptop ke koperasi. Laptop ini diperlukan oleh anaknya yang saat ini sudah diterima oleh salah satu perguruan tinggi negeri yang terkemuka di bandung  dengan  jalur prestasi.

Berkah Green Farming rutin melaksanakan Istighosah setiap bulan bersama semua peternak, ini dilakukan sebagai sarana doa bersama dan upaya untuk lebih mempererat silaturahkmi. Selain manfaat dari segi materi, setelah bergabung dengan berkah pa enjen merasakan dampak yang luar biasa dalam segi keagamaan. Beliau lebih rajin dalam beribadah, serta yang terpenting adanya rasa ketenangan dalam beternak, hal ini merupakan wujud atau bentuk dari tawakalnya seorang peternak.

 

Leave your thought