Nugget Ayam, Makanan Praktis Namun kaya Gizi

08 Jun

Nugget ayam adalah produk olahan yang terbuat dari daging ayam giling yang dibumbui dan dicetak dalam bentuk potongan dan dilapisi dengan tepung roti atau panir. Nugget ayam memiliki citarasa yang unik sehingga banyak penggemar olahan ini. Ini dibuktikan oleh hasil penelitian salah satu dosen Fakultas Peternakan Universitas Dipenegoro bahwa dari sampel responden yang diambil, hampir 70% responden menyatakan suka dengan nugget ayam dan 21% responden menyatakan sangat suka dengan nugget ayam, kurang dari 10% responden menyatakan ketidaksukaan terhadap nugget ayam.

Nugget ayam banyak digemari selain karena rasanya yang enak, nugget ayam memiliki kandungan gizi atau nutrisi yang tinggi. Berdasarkan data U.S. Departement of Agriculture setiap 100 gr nugget ayam mengandung kalori (kcal) 295, lemak 20 g, kolesterol 43 mg, natrium 557 mg, kalium 265 mg, karbohidrat 14 g, serat pangan 2,1 g, protein 15 g, kalsium 31 mg, zat besi 1,2 mg, Vitamin D 1 IU, Vitamin B6 0,2 mg, Vitamin B12 0,1 µg, Magnesium 26 mg. Berikut beberapa keunggulan dari nugget ayam, yaitu:

  1. Praktis
Nugget ayam biasanya dijual atau dipasarkan dalam bentuk makanan beku atau Frozen Food sehingga nugget dinilai lebih praktis, Ready to cook dan ready to eat.
  1. Menambah selera makan
Citarasa nugget yang unik dan enak ini dinilai mampu menambah selera makan konsumen, konsumen bisa menikmati daging ayam dengan varian atau pengolahan yang berbeda, misalnya tidak hanya dalam bentuk ayam goreng.
  1. Memenuhi kebutuhan kolesterol
Kolesterol yang lazim dianggap membawa dampak buruk ternyata memiliki manfaat untuk tubuh kita. Kebutuhan kolesterol bisa dilengkapi dengan konsumsi nugget ayam.
  1. Mencegah anemia
Kandungan zat besi pada nugget ayam berfungsi untuk pembentukan sel darah merah sehingga konsumsi nugget ayam mampu mencegah terjadinya anemia.
  1. Membantu pertumbuhan anak
Nugget ayam mengandung mineral kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuahan anak. Selain kandungan zat gizi tinggi varian rasa dan bentuk nugget juga menarik minat anak untuk makan nugget ayam.
Mengetahui banyaknya manfaat dari konsumsi nugget ayam tersebut, maka sudah saatnya kita mengambil langkah bijak dengan mulai membeli, bahkan menyetok nugget di rumah.
Sumber:
1. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/?query=ndbNumber:5064
2. W. D. Prastiwi, S.I. Santoso, dan S. Marzuki : Preferensi Dan Persepsi Konsumsi Produk Nugget Sebagai Alternatif Konsumsi Daging Ayam, Fakultas Peternakan Undip.

Lihat Produk dari Kami

Leave your thought