Kolesterol dalam ayam organik berbahaya bagi tubuh kita?

17 Apr
Ayam  organik merupakan ayam yang dalam pemeliharaannya secara organik dari mulai umur satu hari atau sering kita sebut sebagai DOC (Day Old Chick) sampai dengan proses pemotongannya pun secara organik. Ayam organik diberi pakan dengan bahan dasar organik seperti jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah, kemangi, temu lawak , temu ireng, kencur, molases, asam asetat dll.

Dengan demikian akan membuat kinerja pencernaan ayam menjadi lebih baik sehingga kadar lemak, minyak alami, dan lendir menjadi lebih rendah. Oleh karena itu kadar kolesterol menjadi lebih rendah. Ayam Organik memiliki ciri fisik yang sangat berbeda dengan ayam biasa yakni ayam organik berwarna kemerah – merahan sehingga terlihat segar, ketika mentah tidak bau amis, dan tidak mudah bau serta tidak mudah basi ketika sudah dimasak. Ayam organik juga pada saat dipegang bobotnya berat dan terasa sintal, serta ayam organik pada saat dimasak nyaris tidak ada buih sehingga kuahnya bisa dijadikan sebagai kaldu apalagi untuk anda yang ingin membuat sup ayam. Dan ayam organik cepat kering ketika digoreng serta pada saat dimasak bumbu cepat meresap sehingga kita bisa hemat waktu dan hemat bumbu tentunya ya. Dan poin selanjutnya ayam organik tidak menggunakan bahan vaksin, pestisida, dan antibiotik lainnya. Sehingga ayam organik aman untuk dikonsumsi.

Ayam organik memiliki kadar kolesterol yang baik, sayangnya banyak orang yang menganggap bahwa kolesterol itu tidak baik untuk tubuh , namun tahukah anda ternyata kolesterol tidak semuanya jahat  untuk tubuh.

Kolesterol terbagi menjadi 2 jenis yaitu kolesterol LDL dan kolesterol HDL. LDL atau Low Density Lipoprotein merupakan tipe kolesterol jahat yang membuat terjadinya pengendapan pada arteri tubuh sehingga dapat membuat terjadinya penyakit jantung dan strooke.

Sedangkan HDL atau Hight Density Lipoprotein merupakan kolesterol baik yang ada dalam tubuh dan tidak mengendap pada arteri sehingga dapat berfungsi melindungi pembuluh darah dari adanya aterosklerosis yaitu terbentuknya plak pada bagian dinding pembuluh darah sehingga dapat melindungi jantung darri serangan penyakt jantung coroner.

Ukuran kolesterol pada ayam biasa yaitu sekitar 100 – 200 miligram per 100 gram.  Sedangkan  kandungan kolesterol pada ayam organik hanya setengahnya, yaitu sekitar 59,7 miligram per 100 gram. Dari penjelasan ini dapat kita simpulkan bahwa kolesterol yang ada pada ayam organik lebih rendah.

Setelah kita mengetahui bahwa kandungan kolesterol yang ada pada ayam organik ternyata lebih rendah dari ayam biasa, lantas apakah manfaat kolesterol untuk tubuh kita? Berikut beberapa manfaat kolesterol untuk tubuh kita

  1. Membantu Penyerapan Kalsium
Mineral yang masuk kedalam tuubuh kita tidak bisa diserap secara langsung, namun harus ada zat yang dapat membantu dalam proses penyerapan kalsium, ternyata zat yang bisa digunakan untuk membantu dalam penyerapan kalsium salah satunya yakni dengan kolesterol. Karena kolesterol memproduksi vitamin D yang digunakan dalam tubuh, lalu vitamin D lah yang akan membantu dalam proses penyerapan kalsium pada tubuh.
  1. Membantu pembuatan hormon
Hormon yang ada didalam tubuh kita sangat dibutuhkan untuk katalisator. Hormon digunakan untuk membantu tubuh dalam menjalankan fungsinya, seperti wanita bisa mengalami menstruasi, laki-laki mengalami mimpi basah. Serta wanita dapat melahirkan secara normal dan keluar ASI(Air Susu Ibu), dan masih banyak yang lainnya.
  1. Memperlancar metabolisme tubuh
Kolesterol yang ada pada tubuh kita sangat membantu dalam proses memperlancar metabolisme tubuh. Karena hormon mampu memproduksi hormon korteks adrenal yang memliki peranan penting untuk memelihara metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang lancar dapat berimbas pada kekebalan tubuh yang baik, penyerapan zat yang maksimal, dan lain sebagainya.
  1. Membantu membangun kekebalan tubuh
Kolesterol ayam organik ternyata mampu membangun kekebalan tubuh dengan baik berdasarkan dengan kualitas hormon, pembentukan vitamin, serta penguatan membran sel yang menopang kesehatan tubuh manusia.

Untuk itu kita jangan khawatir mengkonsumsi ayam organik karena ternyata didalamnya terdapat kolesterol yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh kita, dan menurut penelitian 25% kolesterol yang ada pada tubuh kita berada pada otak sehingga otak bekerja dengan teratur karena kebutuhan kolesterolnya yang terpenuhi.

Sumber :
Gambar : bukalapak.com
Sumber: manfaat.co.id

Lihat Produk dari Kami

Leave your thought