Cegah Penularan Corona di Tempat Kerja

04 Apr
Masih membahas tips – tips seputar pencegahan penyebaran corona yang semakin hari semakin harus diwaspadai oleh seluruh masyarakat, pada tips kali ini kami membagikan sedikit tentang cara mencegah penularan corona di tempat kerja. Karena seperti yang telah diketahui, bahwa meskipun beberapa perusahaan dan instansi pemerintahan banyak yang mengeluarkan aturan Work From Home (WFH), namun tak sedikit pula perusahaan yang mewajibkan karyawannya tetap bekerja dikantor . Sehingga, mau tak mau para karyawan perusahaan tersebut harus lebih waspada dalam menjaga dirinya dari jangkitan virus corona. Namun, tak perlu khawatir karena ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan dalam usaha perlindungan diri dari penularan virus corona di tenpat kerja. Kami disini mencoba merangkumkan manjadi beberapa poin, antara lain sebagai berikut :

  1. Cuci tangan dengan sabun saat tiba di tempat kerja / setelah dari toilet / sebelum makan.
Memastikan kebersihan tangan kita adalah hal terpenting yang harus kita perhatikan. Karena kita tidak pernah tahu, virus/bakteri/kuman apa yang menempel di tangan kita. Maka dari itu, selalu pastikan kita mencuci tangan kita dengan sabun dan dengan langkah cuci tangan yang benar, supaya kebersihan tangan kita tetap terjaga
  1. Jaga kebersihan tempat dan peralatan yang sering digunakan untuk bekerja
Hal penting namun sering disepelekan oleh pekerja / karyawan adalah kebersihan alat kerja yang setring dia gunakan, khususnya para pekerja yang bekerja di office. Terkadang mereka mengabaikan kebersihan monitor, keyboard, mesin printer, meja kerja, dll. Padahal alat – alat tersebut merupakan alat yang setiap hari disentuh oleh pekerja. padahal ada cara yang mudah dilakukan untuk menjaga kebersihan peralatannya, misalnya : membersihkan monitor dengan cairan pembersih monitor, mengelap keyboard, membersihkan printer dari debu secara berkala, mengelap meja dan memastikannya bebas dari debu.
  1. Tidak berjabat tangan dengan orang lain
Berjabat tangan dengan orang lain dapat meningkatkan resiko penularan virus, karena kita tidak pernah tahu kebersihan tangan lawan jabat tangan kita. Sehingga, usahan untuk menghindari jabat tangan kecuali kita yakin tangan kita dan tangan lawan jabat tangan kita benar-benar bersih dari virus.
  1. Gunakan masker jika ada tanda batuk dan pilek dan perhatikan etika bersin yang benar.
  1. Hindari menyentuh wajah terutama hidung, mulut, dan mata sebelum mencuci tangan
  1. Usahakan membawa bekal makanan yang halal, bersih dan bernutrisi dari rumah
Dengan membawa bekal dari rumah berarti kita sudah beberapa langkah lebih maju dalam usaha melakukan proteksi diri dari serangan virus. Namun kita harus memastikan makanan yang kita bawa dari rumah merupakan makanan yang halal, bersih, dan bernutrisi. Contoh makanan yang bisa kita bawa dar rumah misalnya : nasi, olahan sayuran, olahan daging ayam organik, buah – buahan, yoghurt, dll. Dan pastikanjuga membawa botol minum sendiri dari rumah
  1. Segera ke fasilitas kesehatan jika batuk, pilek, demam, dan sesak nafas / isolasi diri dirumah
Segera datangi fasilitas kesehatan jika ada tanda batuk, pilek, demam dan sesak nafas, karena dengan cara ini selain kita mencoba menjaga diri kita kita juga menjaga menjaga diri orang lain dari kemungkinan terserang virus. Isolasi diri di rumah juga merupakan langkah yang bijak apabila dirasa kondisi badan sedang tidak fit.

Mudah bukan mempraktekan nya ? Nah, bagi yang tidak Work From Home (WFH) tak perlu terlalu khawatir namun harus terus waspada ketika berada di tempat kerja. Jangan lupa tetap berdo’a kepada Allah Subhanahu wa ta’ala mudah-mudahan ancaman virus ini segera berakhir. Dan jangan lupa untuk selalu makan-makanan yang halal, baik, bersih dan bernutrisi supaya tubuh kita mampu melawan virus tersebut.
Keep Healthy and Don’t Forget To Order Our Product !

Lihat Produk dari Kami

Leave your thought