Cara mengolah daging ayam agar tetap segar

04 Apr
Daging ayam  termasuk kedalam makanan yang mudah busuk, karena daging ayam termasuk golongan  hewani dan tidak bisa tahan lama kecuali jika disimpan dilemari pendingin. Berbeda dengan daging ayam organik, daging ayam organik tidak mudah busuk, serta tidak mudah basi jika telah dimasak. Lantas bagaimana caranya mengolah ayam agar ayam tetap segar?

Baca Juga: Keunggulan Ayam Organik dan Ayam Prebiotik

Telah kami bahas pada artikel sebelumnya, bahwa salah satu keunggulan ayam organik yaitu tidak mudah busuk saat mentah, dan tidak mudah basi jika telah dimasak. Untuk itu kami merekomendasikan anda untuk menggunakan ayam organik agar tidak mudah busuk untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama, sehingga ayam tetap segar dan tidak bau. Berikut cara mengolah daging ayam agar tetap segar.

 Pilih Ayam Yang Berkualitas Tinggi

Ayam organik termasuk ayam yang berkualitas tinggi karena dalam pemeliharaannya ayam organik diberi pakan organik, dari mulai DOC sampai tahap pemotongan pun organik. Ayam organik diberi pakan organik seperti jahe, kunyit, temu ireng, molases, brotowali, dll. Selain itu ayam organik juga diberi bakteri baik seperti bakeri Lactobacillius yang dapat membuat pencernaan ayam menjadi lebih baik serta tingkat lendir, lemak, dan minyak alami menjadi lebih rendah, sehingga kadar kolesterol menjadi rendah, dan aman untuk dikonsumsi.

Dalam memilih ayam organik harus mengetahui bagaimana bentuk fisiknya agar lebih mudah dalam memilih ayam organik, berikut ciri fisik ayam organik adalah ayam organik berwarna kemerah-merahan, pada saat mentah kulit ayam organik terasa kesat, aromanya segar, serta tidak mudah busuk, dan pada saat direbus nyaris tidak ada buih, sehingga kuahnya bisa dijadikan sebagai kaldu, dan saat digoreng cepat kering, biasanya bobot ayam organik lebih berat dan dagingnya pada saat dipegang terasa sintal, tidak cepat basi jika sudah dimasak , serta bumbu  cepat meresap kedalam daging ayam organik.

2. Menghilangkan Bau Amis

Agar ayam tetap segar yang harus kita lakukan adalah  menghilangkan bau amisnya, ada beberapa cara untuk menghilangkan bau amis pada ayam , berikut beberapa cara untuk menghilangkan bau amis pada ayam

1. Jeruk Nipis & Garam

Sumber : orangedentalhouse.com

Salah satu cara menghilangkan bau amis dari ayam adalah menggunakan kombinasi jeruk nipis & garam, jeruk nipis dapat menghilangkan bau amis pada ayam karena memiliki aroma yang kuat yang bisa meminimalisir bau amis dari ayam. Jangan lupa sebelum membaluri ayam dengan jeruk nipis & garam anda harus mencucinya sampai benar-benar bersih.

Penggunakan jeruk nipis 2 – 3 sendok untuk menghilangkan bau amis pada ayam, serta garam 1 sendok teh untuk ukuran 1 kg ayam, lumuri ayam dengan  jeruk nipis & garam dan aduk-aduk sampai jeruk nipis dan garam meresap kedalam daging ayam, setelah itu bilas sampai bersih.

 

2. Tomat Merah

Sumber: www.cantikitu.com

Selain jeruk nipis dan garam ternyata tomat merah juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau amis pada ayam, tomat yang kita gunakan haruslah tomat merah agar bau amis yang ada pada ayam bisa cepat hilang.

Cara mengolah tomat merah yang akan kita jadikan sebagai bahan untuk meghilangkan bau amis pada ayam yakni dengan mencacahnya atau bisa kita potong berbentuk dadu, lalu lumuri ayam dengan  1 sendok garam setelah itu masukan cacahan tomat tadi hingga meresap kedalam daging ayam, lalu remas – remas daging ayam hal ini dapat mempercepat proses menghilangkan bau amis yang ada pada ayam.

3. Jahe

sumber: indonesiaindonesia.com

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki aroma dan rasa yang sangat kuat, maka tak heran jahe sering  digunakan untuk menghilangkan bau amis pada setiap makanan. Penggunaan jahe untuk menghilangkan bau amis pada setiap makanan  juga populer di berbagai negara.

Cara mengolah jahe untuk menghilangkan bau amis pada ayam yakni dengan memparut jahe hingga halus, lalu balurkan jahe keseluruh badan ayam, dan tunggu sampai bumbu meresap kedalam daging ayam.

4. Asam  Jawa

Sumber: disehat.com

Asam jawa juga ternyata dapat menghilangkan bau amis yang ada pada ayam. Bau amis yang tercium dari ayam berasal dari lendir-lendir yang dihasilkan oleh ayam potong. Sebelum itu jangan lupa cuci ayam sampai bersih dan rendam ayam kedalam air asam jawa. Diamkan ayam didalam ari asam jawa sekitar 30 – 60 menit. Setelah selesai angkat ayam dan bilas ayam sampai bersih sehingga tidak ada asam jawa yang menempel.

5. Daun Jeruk 

Sumber: resepkoki.id

Setiap orang mengenal bahwa daun jeruk memiliki aroma yang kuat untuk menyedapkan berbagai makanan, teteapi tahukan anda ternyata daun jeruk dapat kita gunakan untuk menghilangkan bau amis yang ada pada ayam secara efektif?

Cara mengolah daun jeruk agar efektif digunakan untuk menghilangkan bau amis yang ada pada ayam yakni rebus daun jeruk sampai mendidih. Lalu diamkan air rebusan daun jeruk sampai dingin, selanjutnya rendam ayam kedalam air rebusan daun jeruk. Lalu angkat ayam dan cuci sampai bersih.

Bagaimana? cukup mudah bukan menghilangkan bau amis dari ayam? Semoga anda dapat mencobanya dirumah ya.. selamat bereksperimen.
mungkin cukup sekian pembahan kami tentang cara mengolah daging ayam agar tetap segar. Semoga bermanfaat…

Lihat Produk dari Kami

Leave your thought