Berkah Chicken, Sinergi Budidaya Ayam dengan Peternak Rakyat

Usaha budidaya ayam merupakan salah satu  sektor yang masih di minati oleh peternak rakyat. Peternak rakyat ini mempunyai ciri-ciri, yaitu skala usahanya relatif kecil, merupakan usaha rumah tangga, dilakukan sebagai usaha sampingan, menggunakan teknologi sederhana sehingga produktivitas rendah dan mutu produk tidak seragam. Ditegaskan pula dalam rancangan SK Mentan pengganti Keppres 22/1990, yang menyatakan bahwa Peternakan rakyat didefinisikan sebagai usaha peternakan yang diselenggarakan sebagai usaha sampingan dengan jumlah maksimum usaha tidak lebih dari 15.000 ekor/siklus. Pada kenyataannya saat ini peternak rakyat menggantungkan kehidupannya atau menjadikan usaha utama dengan budidaya ayam tersebut, sehingga membutuhkan dukungan dan sentuhan teknologi untuk meningkatkan hasil produksi.

Berkah Chicken yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang budidaya ayam, dengan mengusung jargonnya “Together We Can Make It ” telah bersinergi dengan peternak rakyat untuk membantu, mendukung dan senantiasa menebar manfaat untuk mewujudkan pengembangan di peternak rakyat. Menghadapi tantangan teknologi yang semakin canggih, kini Berkah Chicken telah mengembangankan penggunaan kandang Close House (CH) tepat guna dan sudah mulai diterapkan di peternak rakyat sebagai mitranya.

Ada yang unik dari kandang CH ini, dengan biaya yang relatif lebih murah dari biaya renovasi CH pada umumnya, Berkah Chicken sudah mampu membuat kandang CH yang tidak kalah kualitasnya dari CH skala perusahaan besar yang menghabiskan biaya milyaran rupiah. Peternak Berkah sudah mampu menunjukkan hasil produksi yang jauh lebih baik dari sebelumnya dan bisa bersaing dengan hasil produksi kandang CH perusahaan besar.

Selain perbedaan yang mendasar dalam segi hal biaya atau modal awal yang sedikit, keunggulan dari CH Berkah Chicken ini adalah Resiko produksi yang rendah karena populasi yang relatif sedikit, HPP produksi bisa lebih rendah sehingga mampu menambah keuntungan, serta biaya penyusutan kandang juga lebih rendah. Selain itu, untuk biaya perkandangan lebih syariah karena renovasi atau penambahan kandang ini dilakukan dengan cara Taawun diantara para peternak. Sehingga inovasi ini dinilai berdampak positif untuk hal materil maupun sosial peternak. Dengan adanya inovasi tersebut diharapkan Berkah Chicken mampu memberi peran aktif untuk mendukung pemerintah untuk meningkatkan kualitas peternak rakyat, sehingga mampu mewujudkan peternak rakyat yang lebih sejahtera. (Neng Teti Rusmayanti, S.Pt)

Sumber : www.alabio.cjb.net

Leave your thought