Ayam organik mengandung protein terbaik?

18 Apr
Apakah anda termasuk pecinta ayam organik? atau anda belum pernah mencobanya? sekarang ini sebagian besar orang memilih untuk mengkonsumsi asupan makanan yang organik, karena mereka sudah mulai sadar akan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Ada banyak makanan yang berlabel organik namun yang sehat untuk kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah ayam organik. Taukah anda bahwa ayam organik merupakan ayam yang mempunyai kandungan protein terbaik? Berikut penjelasan tentang ayam organik.

Ayam organik merupakan ayam yang dalam pemeliharaannya secara organik, dari mulai umur satu hari atau sering kita sebut sebagai DOC(Day Old Chick) sampai proses pemotongannya pun dilkukan secara organik. Pakan ayam organik terdiri dari bahan organik seperti jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, asam asetat, molases, dan lain sebagainya. Dengan demikian kinerja pencernaan ayam menjadi lebih baik sehingga kadar minyak alami, lemak, dan lendir menjadi lebih rendah. Hal ini membuat kadar kolesterol menjadi lebih rendah aman untuk dikonsumsi.

Selain itu ayam organik juga memiliki ciri fisik yang berbeda dengan ayam biasa diantaranya ayam organik memiliki warna kemerah merahan sehingga terlihat lebih segar dan ayam organik tidak bau amis, dan tidak mudah busuk, serta tidak mudah basi jika sudah dimasak, selain itu ayam oragnik juga pada saat direbus nyaris tidak ada buih sehingga kuahnya aman untuk dijadikan sebagai kaldu. Dan ayam organik juga pada saat mentah jika dipegang bobot lebih besar dan terasa sintal. Jika digoreng cepat kering dan jika rebus bumbu cepat meresap sehingga hemat bumbu dan hemat waktu tentunya.

Lalu bagaimana kandungan protein pada ayam ? apakah kandungan protein pada ayam merupakan kandungan protein yang terbaik?
“Sebenarnya, tidak ada satupun sumber protein hewani yang terbaik. Tapi bukan berarti ayam itu pilihan yang buruk. Keragaman makanan adalah kuncinya,” ungkap Jennifer McDaniel, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Dada daging ayam seberat 85 gram yang dimasak memiliki sekitar 140 kalori, 3 gram lemak, dan 25 gram protein. “Dada ayam juga menjadi sumber niacin dan kolin, selenium, dan asam pantotenat,” lanjut McDaniel lalu apa manfaat protein bagi tubuh kita?  berikut beberapa manfaat protein :

  1. Perbaikan dan Perawatan
Fungsi protein disebut sebagai pondasi suatu bangunan yang bernama tubuh manusia. Fungsi protein sangat vital dalam pemeliharaan jaringan tubuh, termasuk pengembangan dan perbaikan. Mulai dari rambut, kulit,mata, otot dan organ semuanya terbuat dari protein.
Inilah sebabnya mengapa anak-anak membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan orang dewasa.
Karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan maka kehadiran protein yang cukup dalam tubuh mereka menjadi
sangat dibutuhkan, agar pertumbuhan berjalan dengan baik. Begitu pula pada wanita hamil, mereka perlu meningkatkan asupan protein untuk membantu tumbuh kembang si jabang bayi serta menjaga kesehatan sang ibu.
  1. Sebagai Sumber Energi
Energi adalah komponen utama yang dibutuhkan agar manusia dapat terus bergerak dan beraktivitas menjalankan kewajibannya sehari-hari. Fungsi protein yang utama adalah sebagai sumber energi, sama seperti karbohidrat dan lemak. Dalam hal kelebihan asupan, protein mirip dengan karbohidrat. Jika kamu mengonsumsi lebih banyak protein daripada yang dibutuhkan tubuh untuk perawatan jaringan dan fungsi penting lainnya, maka tubuh akan mengalihkan kelebihan protein itu dalam bentuk lemak dan akan menjadi sumber energi cadangan untuk tubuh.
  1. Pembentukan Hormon
Fungsi protein selanjutnya yaitu terlibat dalam pembentukan beberapa jenis hormon. Zat ini membantu tubuh mengendalikan fungsi-fungsi tubuh yang melibatkan interaksi beberapa organ. Insulin, yang merupakan bentuk lain dari protein, adalah contoh hormon yang mengatur gula darah. Dalam prosesnya insulin akan melibatkan interaksi antara organ pankreas dan hati.
  1. Pembentukan Enzim
Fungsi protein selanjutnya adalah dalam proses pembentukan enzim. Enzim merupakan protein yang dapat meningkatkan laju reaksi kimia dalam tubuh. Faktanya, sebagian besar reaksi kimia dalam tubuh kita tidak akan berjalan lancar tanpa enzim. Misalnya pada enzim pencernaan, enzim ini memecah makanan yang kita makan, menghasilkan partikel kecil yang dapat diserap melalui lapisan usus halus. Partikel tadi memasuki aliran darah, yang kemudian diangkut ke seluruh tubuh dan sel-sel kita. Sel kemudian menggunakan partikel makanan yang dicerna tadi sebagai nutrisi.
  1. Sebagai Alat Transportasi dan Penyimpanan Molekul Tubuh.
Fungsi protein adalah elemen utama dalam pengangkutan molekul tertentu. Misalnya, hemoglobin yang merupakan protein pengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Hemoglobin mengambil oksigen dari paru-paru, kemudian saat sel darah merah bergerak mengelilingi tubuh, hemoglobin melepaskan oksigen ke sel jaringan tubuh.Fungsi protein juga untuk menyimpan molekul tertentu, Ferritin misalnya. Ferritin merupakan protein yang dikombinasikan dengan zat besi, zat di simpan di hati (liver) yang fungsinya sebagai buffer jika tubuh mengalami kekurangan atau kelebihan zat besi.
  1. Sebagai Pembentuk Antibodi
Antibodi dibentuk oleh protein untuk membantu mencegah serangan penyakit dan infeksi pada tubuh. Fungsi protein ini mengidentifikasi dan membantu menghancurkan antigen seperti bakteri dan virus. Antibodi sering kali bekerjasama dengan sel sistem kekebalan lainnya. Sebagai contoh, antibodi akan mengidentifikasi dan kemudian mengelilingi antigen agar tetap terkurung sampai dapat dihancurkan oleh sel darah putih.

Nah sudah jelaskan bahwa protein itu sangat baik untuk tubuh kita untuk itu ayooo makan ayam organik Berkah Chicken yang kaya akan protein dan sangat penting untuk kebutuhan tubuh kita. Mungkin cukup sekian yang dapat kami sampaikan,  semoga bermanfaat.

Sumber :
m.liputan6. com

Lihat Produk dari Kami

Leave your thought