Ayam Halalan Thayyiban

12 Nov
Berbicara tentang Halal  dan tayyib merupakan dua hal yang berbeda, Halal mempunyai arti yang luas begitu pula dengan tayyiban. Secara bahasa halal artinya diperbolehkan, sedangkan secara terminologi atau istilah kata halal diartikan sebagai segala sesuatu yang apabila dilakukan tidak mendapat hukuman atau dosa dengan kata lain halal dapat diartikan sebagai perbuatan atau segala sesuatu yang diperbolehkan dalam syariah agama Islam. Mengenai ayam halal, tidak cukup hanya dzatnya saja yang hukumnya halal, tetapi asal dan prosesnya juga harus halal. Seperti cara penyembelihan, cara mendapatkan ayam juga harus memiliki hukum yang halal. Contohnya seperti ayam  memiliki kandungan dzat yang halal, namun pada saat penyembelihan tidak sesuai dengan syariat Islam. Hukum daging ayamnya bisa menjadi “Haram”.Begitu pula jika dzat ayam halal, cara penyembelihanya pun sesuai dengan syari’at islam, namun cara penjualan atau pembelian serta cara mendapakan ayam yang tidak sesuai dengan syariat islam, maka hukum daging ayamnya pun bisa menjadi “Haram”.

Untuk itu kita sebagai Muslim / muslimah yang ingin mengkonsumsi ayam yang halal harus sangat berhati – hati  terhadap makanan yang kita konsumsi.

Mengenai makanan yang tayyib(baik) pun memiliki arti yang sangat luas, dikatakan untuk sesuatu yang benar-benar baik adalah thayyib. Pada dasarnya, kata ini berarti sesuatu yang dirasakan enak oleh indera dan jiwa. Al Thayyibat adalah bentuk jamak dari thayyib, yang diambil dari derivasi thaba-yathibu-thayyib-thayyibah; sesuatu yang baik maka disebut thayyib.

Segala sesuatu yang baik maka disebut Thayyib. Lalu masih adakah ayam yang halalan toyyiban pada zaman milenial ini? Jawabannya adalah ADA. Produsen makanan halalan toyyiban di Indonesia salah satunya adalah Berkah Chicken.

Berkah Chicken fokus memproduksi ayam prebiotik herbal halalan toyyiban. Berkah Chicken juga memberikan produk pangan yang bergizi, sehat dan ramah lingkungan. Karena hidup sehat bergantung pada kepada asupan pangan yang masuk ke tubuh kita.

Dalam proses pemeliharaannya, Berkah Chicken menerapkan Green Farming System, mulai dari tata laksana sanitasi kandang, pemberian pakan, kesehatan ternak, pengolahan air, hingga pengolahan limbah ternak. Seluruh proses produksi hanya menggunakan bahan-bahan alami yang selaras dengan kelestarian alam, sehingga menghasilkan produk yang bebas residu antibiotik, bebas zat kimia berbahaya, bebas hormone sintetis, sehingga Ayam Berkah Chicken sehat dan aman di konsumsi.


Ayam Berkah Chicken yang di pelihara mendapatkan perlakuan khusus. Dengan memberikan prebiotic (rabal=ragi bakteri) seperti ragi roti, ragi tape yang memiliki bakteri baik seperti Lactobacillus,Acetobacter, Aerococcus, Bifidobacterium, Carnobacterium, Enterococcus, dll. Selain itu ayam Berkah Chicken juga diberikan ramuan herbal  seperti jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah, temu lawak, temu ireng, lengkuas, kencur, dll. Serta pemberian Enzym alami dari ekstrak buah – buahan seperti nanas, pepaya, pisang, dll.

Selama proses pemeliharaan Ayam Berkah Chicken juga diperdengarkan murottal Al-Qur’an di setiap kandangnya. Hal ini dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan ayam, dalam jurnal Global Journal of Health Science dijelaskan bahwa ayam yang diperdengarkan murotal Al-Qur’an pertumbuhannya lebih cepat dari ayam biasa.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa produsen-produsen yang consent terhadap makan yang halalan thayyiban ternyata masih ada, salah satunya Berkah Chicken. Untuk mengetahui info Berkah Chicken lebih jauh silahkan buka website nya di : berkahchciken.co.id .

 

Sumber: Ramdaniati.S.2018.The Effect of Using Murottal Quran Therapy on Low Birth Weight Infants. Bandung Health Polytechnic.

Lihat Produk dari Kami

Leave your thought