7 hal yang harus diperhatikan menjelang bulan ramadhan

07 Apr

Tidak terasa sebentar lagi kita akan menghadapi bulan yang sangat ditungu-tunggu, bulan yang mulia, bulan yang penuh berkah, yakni bulan suci Ramadhan. Bagi umat Muslim bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat  ditungu – tunggu kehadirannya, karena didalamnya terdapat malam 1000 bulan yakni sering kita sebut sebagai Lailatul Qodr, malam Lailatul Qadr merupakan malam yang penuh berkah, tidak ada yang tau tepatnya malam lailatul qadr itu kapan adanya, tetapi malam lailatul qadr diberitahukan adanya diantara 10 malam terakhir bulan Ramadhan.  Untuk menyambut bulan Ramadhan tentu banyak hal yang harus diperhatikan, agar ketika kita menjalankan ibadah di bulan Ramadhan sudah memiliki persiapan yang matang. Apa saja yang perlu kita persiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan menjelang bulan Ramadhan.

1. Mempersiapkan Fisik yang kuat untuk menghadapi bulan suci Ramadhan

Sumber: hijab.dream.com

Puasa menurut bahasa merupakan menahan diri dari segala sesuatu. Sedangkan menurut istilah menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Oleh karena itu  fisik yang kuat merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kita untuk menghadapi bulan suci Ramadhan, karena di bulan ini banyak ujian dan rintangan yang akan dihadapi, kita akan melakukan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari merupakan waktu yang cukup lama. Dan cukup menguras tenaga , maka kita tidak bisa melakukan puasa dalam keadaan sakit. Nah oleh karena itu kami sarankan kepada anda untuk tetap menjaga kesehatan anda. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kesehatan kita terjaga, beberapa diantaranya yakni dengan berolahraga dan makan makanan yang sehat, salah satu makanan yang sehat yaitu ayam organik yang merupakan salah satu produk dari Berkah Chicken, anda dapat melihatnya di sini.

2. Mempersiapkan ilmu untuk menghadapi bulan suci Ramadhan

Sumber: umum.pengertian.blogspot.com

Selain menyiapkan fisik, menyambut bulan Ramadhan juga perlu dengan ilmu, tanpa ilmu ibadah kita ditolak, atau beribadah tanpa ada contohnya maka tertolak. Maka sangatlah penting ilmu yang harus kita pelajari untuk menghadapi bulan suci Ramadhan. Banyak cara untuk mencari ilmu, baik itu di youtube, mengikuti kaijan-kajian, membaca buku, maupun sharing dengan teman yang memiliki pengetahuan penuh tentang keagamaan.

3. Mempersiapkan keimanan agar selalu meningkat selama bulan Ramadhan

Sumber:aanyasin.blogspot.com

Tingkat keimanan seseorang memang hanya Allah yang tau, tetapi iman itu kadang naik namun terkadang turun, bagaimana cara agar iman kita tidak naik turun saat menghadapi bulan suci Ramadhan? Yakni dengan mempersiapkannya dari jauh – jauh hari. Banyak orang yang mengatakan 2 bulan sebelum Ramadhan yaitu bulan Rajab, dan Sya’ban merupakan 2 bulan yang dijadikan sebagai latihan untuk umat islam beribadah dengan giat agar terbiasa pada saat bulan Ramadhan. Tetapi bukan berarti pada bulan lain ibadah kita malah menurun, seharusnya pada bulan – buulan biasa ibadah kita terus meningkat dan puncaknya pada bulan Ramadhan, karena pada bulan inilah pintu ampunan serta pintu rahmat Allah dibuka selebar – lebarnya. Untuk itu kita harus mempersiapkan bulan Ramadhan ini sebaik – baiknya.

4. Menabung dari sekarang

Sumber: zeluosly.blogspot.com

Maksud menabung disini adalah menabung amal ibadah yang kita lakukan agar semakin terbiasa kita beramal, sehingga pada saat bulan Ramadhan kita tidak kaget dengan amalan – amalan yang utama yang harus kita jalankan. Karena sungguh sangat rugi orang yang pada saat bulan suci Ramadhan tidak melakukan banyak amalan. Kita sebagai para pendosa hanya bisa meminta ampunan kepada Nya serta meminta Rahmatnya dan mengharapkan Ridho Nya dengan beramal sesuai dengan perintah Nya. Maka dari itu yuk kita sama – sama menabung amal mulai dari hari ini, jika bukan sekarang kapan lagi? dan  jika bukan kita siapa lagi?

5. Memperbanyak Istigfar

Sumber: freeislamiccalligraphy.com

Istigfar  Merupakan ungkapan ampunan kita kepada Allah, tidak heran jika kita harus memperbanyak Istigfar karena  kita tidak tahu berapa dosa yang kita lakukan di dunia ini. Dengan Beristigfar maka Allah akan mengampuni kita sebagaimana dalam Q.S Nuh : 10 – 12 :

Sumber: www.urifhidayat.com

Artinya : Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.

Sudah jelaskan, bahwa Allah akan memberi rezeki keada orang yang selalu beristigfar.

6. Berbagi makanan untuk buka puasa

Sumber : pasberita.com

Berbagi makanan untuk orang yang berbuka puasa akan mendapat pahala puasa penuh orang yang berpuasa tadi. Tidakah anda tergiur dengan pahala ini? ayoo kita sama – sama berbagi makanan untuk orang yang berbuka puasa agar kita mendapat pahala yang sama. Dan pahala puasa hanya Allah yang tau berapa banyak pahala puasa seseorang, sebab pahala puasa sangat utama jadi Allah merahasiakannya. Dan Allah ingin kita beribadah menghrapkan RidhoNya.

Dan jangan lupa kami mempunyai berbagai produk yang bisa anda pilih sebagai bahan untuk berbagi makanan saat Ramadhan nanti ya. untuk melihat produk silahkan klik di sini .

6. Memperbanyak Doa

Sumber : gambartop10.blogspot.com

Selain Istigfar amalan lain yang harus dilakukan saat bulan Ramadhan adalah memperbanyak doa, Allah akan mengabulkan setiap do’a orang yang sedang berpuasa. Dan di bulan Ramdhan merupakan salah satu waktu mustajabnya do’a. Untuk itu mari kita tingkatakan do’a kita kepada Allah, karena Allah semakin dipinta semakin bahagia berbeda dengan sebagian besar manusia, semakin banyak dipinta semakin tidak menyukainya. Tapi Allah adalah Rabb kita, Allah pasti akan mengabulkan doa kita. Sebagaimana dalam Qur’an Surat Al-Ghafir : 60

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
Artinya :
Dan Rabbmu berfirman:“Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdo’a kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina [Al-Mu’min/Ghafir/40: 60].

7. Hendaknya 10 hari Ramadhan digunakan sebaik – baiknya

Sumber: simomot.com

Sebagaimana penjelasan diatas bahwa dalam bulan Ramadhan terdapat malam Lailatul Qadr yakni malam seribu bulan, dan Allah merahasiakan kapan tepatnya  malam Lailatul Qadr itu. Sebab Allah ingin kita beribadah dengan sebaik-baiknya yang kita bisa setiap hari. Gunakan malam Lailatul Qadr ini dengan berbagai kegiatan yang positif seperti Membaca Al-Qur’an, mengikuti Kajian, Itikaf, dan yang lainnya.

Bagaimana? Sudah ada gambaran Ramadhan kita kali ini akan seperti apa? Semoga anda bisa mempraktikannya di rumah ya , Semoga Bermanfaat.

Leave your thought